Senin, 29 September 2008

Jangan menyelisihi Rasul

Berkata Sufyan bin Uyainah : “Saya mendengar Malik bin Anas didatangi oleh seseorang dan berkata, “Wahai Abu Abdillah (maksudnya Imam Malik bin Anas) dari mana saya harus memulai ihram ? Dijawab oleh beliau : “Dari Dzul Hulaifah, tempat dimana dahulu Rasulullah memulai ihram.” Namun orang tersebut berkata, “Tapi saya ingin mulai ihram dari masjid Nabawi dekat dengan kubur Rasulullah.”
Maka berkata Imam Malik : “Jangan lakukan, saya takut engkau akan terkena fitnah.” Lalu lelaki itu berkata lagi, “Fitnah apa? Kan hanya saya tambah beberapa mil saja?” Maka Imam Malik berkata : “Fitnah apa yang lebih besar ketimbang engkau perpandangan bahwa engkau telah lebih dahulu melakukan amal kebaikan yang tidak dilakukan Rasulullah ? Sesungguhnya saya mendengar Allah berfirman dalam Surah An-Nur ayat 63 “ Maka hendaklah orang-orang yang menyelisihi perintah rasul takut akan di timpa fitnah atau akan ditimpa adzab yang pedih.”
(Al-Faqih wal Mutafaqqih oleh Al-Khatib Al-Baghdadi 1/148, abu Nu’aim dalam Hilyah 6/326)

0 komentar: